Selasa, 28 Februari 2012

Karya Seni Yang Menakjubkan Dari Tumpukan Rubiks


Kubus Rubik’s adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur asal Hungaria, Erno Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri dari 26 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat.
Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan atau terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei, 1980. Rubik’s tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, sekitar 300 juta kubus Rubik’s termasuk imitasinya.

Memecahkan Kubus Rubik memang cukup rumit, tetapi akan semakin rumit lagi apabila menggunakan puluhan rubik untuk membuat potret dari tokoh terkenal dan menjadi sebuah karya seni yang luar biasa .
Berbasis di Toronto, Cube Works Studio adalah sebuah kolaborasi antara grafis arsitek dan “cubers” yang menggunakan Rubik’s Cube untuk menciptakan suatu bentuk seni yang tidak biasa. Sepanjang tahun, studio ini telah menghasilkan puluhan karya seni Rubik’s Cube yang sangat mengesankan dan sangat mendetail.
Selain potret rumit selebriti dan rekreasi artistik, orang-orang kreatif di Cube Works juga menetapkan beberapa rekor dunia yang termasuk monumental pusat rekreasi Kapel Sistina yang terbuat dari lebih dari 12.000 Rubik’s Cubes dan 4.050 Rubik’s Cubes replika.
Tujuan Erno Rubik menciptakan Rubik mungkin memang mengacu untuk media permainan, tapi ia pasti akan bahagia jika melihat rubik telah digunakan menjadi suatu media seni.

sumber