Jumat, 13 April 2012

Angka Keberuntungan dan Kesialan dalam Tradisi China



Studi budaya Cina ini sangat menarik karena mereka punya begitu banyak takhayul dan keyakinan seperti numerologi, menggunakan hukum-hukum langit dan bumi (astronomi dan geografi) - "feng shui", pilihan warna dll Salah satu utama mereka adalah kepercayaan Cina bahwa angka-angka memberi kontribusi besar bagi mereka keberuntungan dan kebahagiaan dalam hidup mereka. Keyakinan mereka yang berkaitan dengan nomor tertentu dan dapat membawa keberuntungan mempengaruhi perilaku dan pilihan-pilihan dalam hidup. Kepercayaan dan budaya Cina berkisar sekitar semakin baik getaran atau keberuntungan dan mengejar kebahagiaan dan umur panjang. Pada artikel ini, kita akan melihat angka beruntung dan tidak beruntung dalam budaya Cina, dan makna tertentu dari nomor tertentu.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa mereka memilih dan berjuang keras untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2008?mereka memulai opeing ceremont pada 8 Agustus 2008? Hal ini karena angka 8 adalah angka keberuntungan bagi mereka dan mereka percaya hal itu akan membawa nasib baik untuk para pemain jika mereka memulai Olimpiade pada tanggal tersebut.Apakah Anda tertarik belum, ayo sekarang kita akan melihat angka beruntung dan tidak beruntung dalam budaya Cina.

Pertama kita akan melihat angka definisi mereka

•Zero (0) - hanya berarti Semua atau TIDAK karena merupakan angka mutlak
• Satu (1) - Perorangan. Agresor - "The Yang yang merupakan keseimbangan dari Yin lain"
•Dua (2) - Stabilitas atau Saldo berarti Uni atau reseptif. "Yang Yin yang merupakan keseimbangan lain Yang
•Tiga (3) - berarti berbicara dan pemahaman - Komunikasi plus plus Netralitas interaksi.
•Empat (4) - Penciptaan, Kematian
•Lima (5) - Tindakan atau Gelisah.
•Enam (6) - Fluidity, Tanggungjawab, Reaksi
•Tujuh (7) - Mind, Kesadaran dan pikiran
•Delapan (8) - Pengorbanan, Kerja Keras dan Kekuasaan, Infinite - tidak ada awal tidak ada akhir, terus menerus.
•Sembilan (9) - tingkat tertinggi perubahan
•Sepuluh (10) - Menjadi dilahirkan kembali atau Kelahiran Kembali

Konsep Numerology
Numerology sistem adalah tradisi, budaya dan kepercayaan dalam hubungan antara angka-angka mistik dan makhluk hidup.Numerologi sangat populer di kalangan ahli matematika kuno seperti Pythagoras. Hubungan angka dan makhluk hidup adalah seperti hubungan antara astrologi dan astronomi, kimia dan kimia.

Arti Angka pada Umumnya
Untuk mempertimbangkan jika nomor yang beruntung berarti untuk mempertimbangkan jumlah pengucapan dan lafal suara mereka kata lain dan harus membawa konotasi positif atau getaran.

Bahkan angka lebih disukai tetapi bukan nomor empat.

Empat adalah angka yang paling ditakuti - itu berarti kematian.

Delapan adalah angka keberuntungan dan selalu baik untuk bisnis.

Untuk nomor ganjil, tujuh menyiratkan kemarahan dan meninggalkan.

Sembilan berarti umur panjang dan keabadian. Ini adalah nomor paling beruntung.

Empat belas serta 4 adalah angka yang paling ditakuti di Cina takhayul.

Tiga belas juga merupakan nomor sial orang Cina sehingga mereka biasanya tidak memiliki lantai tiga belas atau empat belas lantai di setiap gedung.

Mereka biasanya memulai bisnis baru pada hari ke-8. Nomor 8 beruntung untuk bisnis seperti itu membawa uang yang tak terbatas dan keberuntungan karena nomor bentuk - bentuk yang tak terbatas.

Nomor-nomor tertentu auspicisos dan inauspicios adalah beruntung dan tidak beruntung. Hal ini berlaku untuk satu digit dan atau setiap kombinasi angka.

Valentine's Day
Jumlah bunga yg diberika pada hari Valentine juga memiliki makna :

•Satu berarti Anda cintaku
•Dua berarti kita bersama-sama, kita adalah yang terbaik sebagai pasangan
•Tiga berarti "Aku cinta padamu"

Angka Keberuntungan dan Kesialan dalam Budaya Cina

•Bilangan Ganjil Yang umumnya berarti energi - langit, angkasa, langit - di atas bumi dan maskulin
•Bahkan Bilangan umumnya berarti energi Yin dan itu berarti darat, bumi, bumi dan feminin

Angka Keberuntungan dan Kesialan Orang China

•Nol - berarti pra awal, ketiadaan, tetapi tidak dapat diidentifikasi, adalah pencabutan indra.

•Satu - berarti kesepian, awal, maskulin. Satu memiliki energi yang menyodorkan sebagainya lonjakan pertumbuhan baru dan potensial. Satu sesuai dengan simbol zodiak Cina Tikus. Energi dari satu aturan di atas arah Utara dalam praktek Feng Shui.

•Dua - dianggap angka yang baik dalam budaya Cina karena pasangan selalu baik bagi mereka. Mereka selalu menggunakan dua hal untuk menekankan hal-hal yang baik, seperti kebahagiaan ganda, ganda etc.It koin juga berarti seorang wanita. "Dua sesuai dengan zodiak Cina simbol Kerbau ditambah lagi mengatur arah Utara Timur Laut ditambah dalam Feng Shui".

•Tiga - juga merupakan angka keberuntungan bagi mereka karena hal ini mirip dengan karakter kelahiran. "The Cina Tiger" adalah simbol zodiak Cina nomor tiga - dan plus Timur Laut adalah arah yang ditunjuk Feng Shui.

•Empat - adalah angka sial dan itu berarti kematian. Itu sebabnya tidak ada lantai 4 biasanya dalam bangunan Cina - simbol zodiak Cina untuk nomor empat adalah Kelinci - dan Timur adalah arah Feng Shui .

•Lima - ini adalah angka keberuntungan dan biasanya link ke lima elemen yang kayu, api pemakan bumi bumi dan logam. Nomor ini biasanya dikaitkan dengan Kaisar Cina sebagai baik dan Tienanmen gerbang. "Sebuah praktik bagus untuk membiasakan diri dengan nomor lima adalah Cina untuk mengadopsi pendirian lima berkat cina seperti Wealth - Happiness - Longevity - Keberuntungan dan Kemakmuran." Simbol zodiak Cina untuk nomor lima adalah Naga Cina ditambah sesuai arah dalam "Feng Shui" adalah Timur danTenggara.

•Enam - The nomor enam biasanya berarti fluiditas - berkat dan itu baik untuk bisnis, tidak seperti di dunia Barat di mana kita tidak seperti nomor enam, dalam budaya Cina itu adalah angka keberuntungan. "Ketika kita merenungkan makna nomor enam dalam hidup kita kita merenungkan misteri kehidupan abadi yang terkandung dalam kuasa surgawi - kosmik fokus dan sifat siklus waktu." The Snake "- adalah simbol zodiak cina nomor enam plus Selatan dan Tenggara adalah arah dalam "Feng Shui" praktik.

•Tujuh - Ini merupakan angka sial di Cina. Aku nggak tahu mengapa Tony Parker dan Eva Longoria istrinya menikah di Perancis pada 7 Juli 2007. Ini sio bulan hantu juli. Nomor enam, delapan dan sembilan adalah tanggal beruntung juga. Dan simbol zodiak Cina selama tujuh adalah kuda ditambah Selatan adalah "Feng Shui" koordinat.

•Delapan - Ini adalah nomor favorit mereka selain dari sembilan dan hanya berarti kemakmuran. Sangat menarik untuk dicatat bahwa kata-kata dan jumlah serupa - nomor delapan dan keberuntungan "baat dan faat". Nilai delapan juga dikaitkan dengan agama Buddha - Lotus bunga dengan delapan kelopak. "Domba" adalah simbol zodiak Cina untuk nomor ini dan Selatan - Southwest adalah "Feng Shui" arah.

•Sembilan - adalah terbesar nomor tunggal dan berkonotasi dengan "Kaisar Cina" - jubahnya adalah dengan sembilan naga di atasnya. Sembilan adalah nomor beruntung karena berkonotasi cina umur panjang, kebahagiaan dan keberuntungan. Karena nomor sembilan adalah angka tertinggi itu artinya adalah kosmik mencapai kepuasan tertinggi dan simbol zodiak Cina adalah Monyet dan "Feng Shui" arah Barat / Barat Daya.

Beberapa fakta menarik tentang angka 8

•Olimpiade di Beijing pada Agustus menendang 8, 2008 at 8, 8 menit dan 8 detik setelah 8 pm.
•Seorang pria Cina menawarkan untuk menjual plat nomor - A88888 untuk USD164, 000
•Sejumlah telepon dengan delapan angka pada itu dijual untuk 270, 723 di Chengdu, Cina.
•The nomor delapan juga dapat dikaitkan dengan bunga teratai dengan delapan kelopak
•Bank of Commerce di New York ketika mereka telah pergi raffled pembukaan safety deposit box nomor 888.
•Hal itu pada tahun 1994 ketika seorang pengusaha Cina membayar 1,7 juta USD untuk sebuah plat mobil dengan -9 - --- jumlah yang sangat beruntung tahun itu karena kata Cina - sembilan - terdengar seperti kata Cina " anjing, "dan 1994 adalah tahun yang binatang.
•Seorang pria Cina dibayar 215.000 USD untuk nomor yang beruntung ponsel "133-3333-3333".


sumber
Selengkapnya...

Penyelamat Nyawa Saat Gempa, Padang Vs Jepang

Evakuasi berjalan kacau pasca gempa berkekuatan besar yang mengguncang Aceh 
 
Jepang terpukul tsunami 11 Maret 2011. Seandainya bukan Jepang, lebih parah (Reuters Photo)
 

Lemahnya sistem informasi membuat warga bergerak sendiri dan terjebak di titik yang sama.

     ini yang terjadi pada Rabu 11 April 2012 di Padang paska gempa pertama berkekuatan 8,5 Skala Richter mengguncang Aceh: sirine peringatan dini tsunami di Komplek GOR H Agus Salim meraung-raung, 30 menit setelah guncangan terjadi.

Sebanyak 920 ribu warga Padang serempak dilanda panik. Tanpa komando, mereka langsung mengevakuasi diri ke lokasi yang lebih tinggi.

Keinginan menyelamatkan nyawa menimbulkan kemacetan hebat di sejumlah titik menuju jalan By Pass, sekitar 7 kilometer dari bibir pantai. Wajah-wajah tegang makin frustrasi menyaksikan lalu lintas yang sedemikian semrawut. Deru sepeda motor berpenumpang sampai empat orang dipacu cepat, membuat warga makin khawatir.

"Pikiran kami saat itu hanya menjauh dari pantai," ujar Ria, mahasiswi semester akhir Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang, menceritakan apa yang ia rasakan Rabu lalu kepada VIVAnews.com. Bagaimana tidak, rumah kos yang ia tempati hanya berjarak sekitar 500 meter dari bibir pantai. 

Menyambar tas berisi laptop berisi data skripsi, ia dan rekan-rekannya memacu sepeda motor, di antara warga nelayan yang berlarian menjauhi pantai. Menuju arah By Pass. "Di simpang tunggul hitam mulai terjebak macet, suasana semakin kacau,” kata dia.

Butuh satu jam lebih untuk dia dan satu orang temannya mencapai Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Padang yang berjarak sekitar 9 kilometer dari rumah kosnya. “Itu pun karena Ria lari begitu usai gempa, kalau telat sedikit saja pasti sudah terjebak macet panjang,” ujarnya.

Padahal, di kawasan kampus Universitas Negeri Padang, yang lebih dekat, telah disiapkan sedikitnya tiga gedung yang  berfungsi sebagai tempat evakuasi tsunami atau shelter. Shelter ini berada di Masjid Al Azhar depan  kampus,  gedung FE UNP, dan gedung MKU. Tapi, menurut  Ria, tak banyak dari warga setempat yang memanfaatkannya. Mereka lebih memilih untuk menjauhi pantai.

Itu kepanikan yang tak seharusnya terjadi. Manajer Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Sumbar Ade Edward mengakui lemahnya informasi publik jadi pokok permasalahan.

"Ini karena tidak ada komando yang mengarahkan warga ke mana mesti melakukan evakuasi sehingga menyebabkan kemacetan di jalur evakuasi,” kata Ade Edward.

Menurut Ade, lemahnya informasi publik membuat warga bergerak sendiri dan terjebak di titik yang sama. Tak terbayang jika tsunami benar-benar terjadi kala itu. "Masih banyak yang harus kita siapkan seperti fasilitas jalur evakuasi, shelter, dan fasilitas informasi publik," ujarnya.

Ade mengakui, pihaknya mendapat laporan dari BMKG pusat bahwa daerah awas pasca gempa Aceh kemarin adalah Siberut dan Mentawai. Sedangkan daratan pesisir Sumbar hanya berstatus waspada dan siaga. “'Waspada' dan 'siaga' itu dalam SoP tidak perlu evakuasi, 'awas' yang harus evakuasi, ini yang perlu kita perbaiki ke depan,” ujarnya.
Informasi ini yang menurutnya tidak sepenuhnya diterima masyarakat dengan baik sehingga menimbulkan kepanikan. Sementara soal sirine yang terlambat berbunyi, Ade mengatakan itu sepenuhnya di luar jangkauannya.
Sejak dinonaktifkan beberapa waktu lalu, kendali aktivitas Indonesia EarlyWarning System (INA TEWS) dipegang BMKG Pusat dan Padang Panjang. Keterlambatan ini yang ditengarai memberikan informasi simpang siur pada masyarakat di pantai barat Sumbar. Padahal, dari pantauan warga, air laut tidak mengalami penyurutan.

Pekerjaan rumah untuk Padang masih banyak, di tengah ancaman bencana. Para ahli gempa telah memperingatkan potensi gempa dan tsunami jika megathrust Mentawai melepaskan energinya, kekuatan sampai 8,9 skala Richter.

Bandingkan dengan Jepang
Semua orang tahu, soal peringatan dini bencana, Jepang belum tertandingi. Tapi toh Negeri Sakura terpukul dengan musibah gempa dan tsunami 11 Maret 2012. Sebanyak 20.000 orang tewas, Jepang menghadapi krisis nuklir terparah sejak bom atom jatuh di Hiroshima dan Nagasaki.

Namun, seandainya bukan di Jepang, untuk bencana sedahsyat itu, jumlah yang tewas bisa berkali lipat. Patrick Corcoran, ilmuwan dari Oregon State University memperkirakan, jika terjadi di tempat lain, korban gempa berkekuatan 9,0 Skala Richter yang disusul tsunami bisa mencapai 200 ribu orang.
Rahasia Jepang menyelamatkan ribuan nyawa ada pada peringatan dini. Di Tokyo, tayangan siaran langsung dari gedung parlemen tiba-tiba berganti menjadi siaran peringatan dini, bahwa tanah yang mereka injak akan segera berguncang hebat.

Beberapa menit sebelum guncangan besar terjadi, sistem peringatan mengirimkan jutaan pesan pendek langsung ke ponsel warga. Stasiun kereta dan pabrik sontak menghentikan operasi dan melakukan tindakan pengamanan, setelah menerima surat elektronik berisi peringatan.

"Bahkan satu menit, bisa menentukan," kata Dr. Tom Jordan, Kepala Pusat Gempa Bumi California Selatan, seperti dimuat situs 10 News. "Bayangkan, jika Anda dokter yang sedang melakukan operasi, atau ketika Anda berada di lift. Kesempatan menit, atau detik, bisa jadi penyelamat."

Dia menerangkan, gempa bumi sejatinya mengirimkan dua gelombang energi. Yang pertama, gelombang P, getarannya lemah namun menjalar sangat cepat. Gelombang ini akan mengaktifkan seismometer di seluruh wilayah dan mengirimkan sinyal peringatan bahwa gelombang yang lebih kuat, disebut gelombang S, akan segera datang.

Sementara seperti dimuat VOA News, pemerintah Jepang mengirimkan peringatan tsunami tiga menit setelah gempa terjadi 11 Maret 2011 lalu.

Jepang menginvestasikan uangnya untuk membangun lebih dari empat ribu alat pengukur seismik yang tersebar di seluruh negeri. Juga membangun benteng beton tebal yang memagari wilayah pesisir.

Dan yang tak kalah penting, masyarakat Jepang tahu persis apa yang harus mereka lakukan saat bencana terjadi.

sumber
Selengkapnya...

Misteri Danau Toba Bergolak Saat Gempa Aceh

Air Danau Toba yang biasanya tenang, bergolak saat gempa Aceh (Danau Toba)


    Gempa 8,5 Skala Richter yang mengguncang Aceh, Rabu 11 April 2012 dirasakan hampir di semua wilayah Sumatera. Tak terkecuali warga yang tinggal di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, danau vulkanik terbesar di dunia.

Selama sekitar lima menit, bumi berguncang cukup kuat. Warga Parapat dan Pulau Samosir berhamburan ke luar rumah. Mereka yang kebetulan berada di tepi danau menjadi saksi dari peristiwa yang tak biasa.

Air Danau Toba yang biasanya tenang membentuk pusaran, laiknya air sungai deras. Meski tak mungkin terjadi, tak sedikit warga menduga, bakal ada tsunami dari tengah danau. Lihat videonya disini

Apa yang membuat air Toba bergolak?

Saat dihubungi, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG kelas I Polonia, Hartanto mengaku belum mengetahui soal fenomena aneh itu. "Kami baru mendengarnya sekarang. Secara teori, bisa jadi itu disebabkan oleh guncangan gempa kuat yang melanda wilayah Aceh," kata dia kepada VIVAnews.com, Kamis 12 April 2012 malam.

Dia menambahkan, lindu Rabu lalu memang terasa sangat kuat di wilayah Sumatera Utara, dengan durasi lumayan panjang, hampir lima menit. "Ibarat air di dalam ember, kalau kita guncang dia akan bergerak," tambah dia.

Bagaimana dengan dugaan bergolaknya air terkait aktivitas gunung api di dasar Danau Toba? Hartanto tak memberi jawaban. "Silakan hubungi BBMKG Wilayah 1 Medan, mereka lebih pas memberikan informasi mengenai ini," ujar dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wil I Medan, Hendra Suwarta mengatakan pergolakan air di Danau Toba bisa saja terjadi karena episentrum gempa tak jauh dari wilayah Sumatera Utara. Hingga getaran terasa kuat. Sementara, soal gunung di dasar Toba, "gempa tersebut belum akan menggangu aktivitas magma di dasar Danau Toba."

Hendra menerangkan, lapisan batuan yang menutupi magma Danau Toba tebalnya berkisar antara 30 sampai 40 kilometer. "Ini merupakan lapisan batu yang paling tebal di Indonesia. Umurnya ratusan ribu tahun. Tidak ada masalah mengenai itu," kata dia.

Ia juga mengaku baru mendengar kabar bergolaknya air Danau Toba. "Kami akan langsung kordinasi dengan BMKG diwilayah Parapat (Danau Toba), kami punya kantor juga di sana," tambah Hendra. Kisah letusan Gunung Toba
Tak semua orang tahu peristiwa sekitar 70.000 tahun lalu di wilayah yang kini menjadi Danau Toba. Kala itu, terjadi letusan dahsyat gunung api purba, yang diyakini terbesar dalam kurun waktu 2 juta tahun terakhir. Toba sebelumnya adalah gunung purba.

Seperti dimuat situs Badan Antariksa AS, NASA, dalam waktu sekitar dua minggu, ribuan kilometer kubik puing dimuntahkan dari Kaldera Toba di Sumatera Utara. Aliran piroklastik--awan yang merupakan campuran gas panas, serpihan batu, dan abu--mengubur wilayah sekitar 20.000 kilometer persegi di sekitar kaldera.

Di Pulau Samosir, tebal lapisan abu bahkan mencapai 600 meter. Abu Toba juga menyebar ke seluruh dunia. Di India misalnya, ketebalan abu sampai 6 meter.

Pasca letusan, Gunung Toba kolaps, meninggalkan kaldera modern yang dipenuhi air--menjadi Danau Toba. Sementara, Pulau Samosir terangkat oleh magma di bawah tanah yang tidak meletus. Gunung Pusuk Buhit di dekat danau itu juga terbentuk pasca letusan.

Awalnya ilmuwan menduga, letusan Toba menyebabkan penurunan suhu global hingga 10 derajat Celcius selama hampir satu dekade dan membinasakan sebagian besar umat manusia. Meski penelitian terbaru menyebut, efek cuaca yang disebabkan letusan Toba tak sedahsyat itu.

sumber
Selengkapnya...

Kamis, 12 April 2012

Video Pusaran Air Danau Toba Saat Gempa 8,5 SR


Gempa yang menggucang wilayah Aceh, Rabu (11/04/2012), terasa hingga ke Bonapasogit. Sebuah video amatir yang diunggah ke situs YouTube berhasil mengabadikan pusaran air Danau Toba saat kepanikan melanda staff dan pegawai Kantor Camat Nainggolan yang jaraknya hanya sekitar 10 meter dari bibir pantai Danau Toba. (Sumber: YouTube/ Holmesngl)

video

sumber
Selengkapnya...

Gempa Mematikan Dalam 100 Tahun Terakhir

Tsunami yang dipicu gempa 9,1 SR di Aceh pada 2004 (http://ioc3.unesco.or


Gempa berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) yang melanda perairan Aceh, kemarin membuat warga Aceh dan Sumatera, serta sebagian penduduk negara lainnya trauma. Gempa ini mengingatkan pada gempa mematikan tahun 2004. Apalagi, sejumlah badan pencatat gempa menyebutkan gempa ini berpotensi tsunami.
Tsunami memang terjadi tetapi tidak seperti yang dikhawatirkan. Di Meulaboh dan Sabang, tinggi tsunami tidak sampai satu meter. Beda dengan gempa 2004 silam yang meratakan bumoi Aceh dengan tanah.
Gempa tahun 2004 yang diikuti tsunami besar itu masuk dalam salah satu gempa mematikan yang menggoyang dunia dalam 100 tahun terakhir. Berikut daftar gempa mematikan dalam satu abad seperti dikutip dari Telegraph:

2011,
Jepang: lebih dari 19.000 tewas saat tsunami menyapu pantai di timur laut negara itu. Tsunami ini dipicu gempa berkekuatan 9 SR. Bencana ini memunculkan bencana lebih besar, krisis nuklir di Fukushima Daiichi.

2010, Haiti: gempa di negara ini jauh di bawah Jepang, 7 SR. Tapi korban tewas dalam bencana ini 250.000  sampai 300.000 orang.

2008, Provinsi Sichuan, China: sekitar 87.000 tewas atau hilang. Magnitude 8 SR.

2005,
India dan Pakistan: setidaknya 75 ribu tewas. Magnitude 7,6 SR.

2004,
Samudera Hindia: lebih dari 226.000 orang tewas saat tsunami muncul karena gempa berkekuatan 9,1 SR di bawah laut Aceh, Indonesia. Selain Indonesia, korban tewas juga ada di negara-negara lain, seperti Thailand, India, Sri Lanka, bahkan hingga ke pantai timur Afrika.

1976,
Tangshan, Provinsi Hebei, China: sumber resmi menyebutkan 242.000 orang tewas meski beberapa sumber lain menyebut angkanya lebih tinggi. Kekuatan gempa 7,8 SR.

1970, Mount Huascaran, Peru: gempa bumi dan longsor menewaskan 66.800 orang. Kekuatan gempa 7,5 SR.

1939, Erzincan, Turki: gempa di negara ini menewaskan 35 ribu hingga 40 ribu orang. Magnitude 8 SR.

1935, Quetta, India (sekarang Pakistan): gempa 7,6 SR ini membunuh lebih dari 50.000 orang.

1932, Provinsi Gansu, China: sekitar 70 orang tewas akibat gempa berkekuatan 8 SR.

1927,
Provinsi Nanshan, China: gempa berkekuatan 8 SR menewaskan 200.000 orang.

1923, Yokohama, Jepang: lebih dari 142.000 orang meninggal setelah gempa besar memicu kebakaran yang kemudian menghancurkan Tokyo. Magnitude 8,2 SR.

1920, Gansu, barat laut China: kekuatan gempa sama seperti yang melanda Aceh, Kamis kemarin, 8,5 SR. Tapi, korban jiwa sampai 100.000 orang.

sumber: http://dunia.vivanews.com/news/read/303812-gempa-mematikan-dalam-100-tahun-terakhir
Selengkapnya...