Selasa, 25 September 2012

Nexian Cronos Journey Mi320 - Specifications

Zyrex


REVIEW




Desain
Handphone merek dalam negeri S Nexian baru saja merilis model Android terbaru bernama Cronos Journey. Model yang bernama lengkap S Nexian Cronos Journey Mi320 tersebut mulai dijual di pasar nasional sejak Agustus silam dengan banderol kurang dari satu juta rupiah.

Satu hal yang menonjol saat kali pertama Anda melirik Mi320 dari segi desain adalah pilihan warna yang dioleskan Nexian. Sepertinya warna terang sedang menjadi tren di kalangan pengguna gadget saat ini. Karena Mi320 menghadirkan warna Orange dan Blue yang terlihat cerah. Tapi itu hanya berlaku untuk casing belakang saja, serupa dengan Samsung Corby dua tahun lalu. Jadi pengguna bisa menggonta-ganti casing belakang dengan mudah. Namun sayang, Nexian tidak memaketkan casing belakang tambahan.

Sedangkan keseluruhan kerangka body tidak terlalu istimewa. Mengusung desain minimalis, Cronos Journey Mi320 hanya menyediakan dua buah tombol (fisik) yang diletakkan di masing-masing sisi untuk fungsi Power dan Volume. Bagian kepala hanya menyediakan lubang audio (jack) 3,5mm untuk menancapkan earset dan port charge universal microUSB diposisikan di bagian bawah. Tepat di bawah layar terdapat tiga tombol berupa touchpad untuk fungsi Home, Menu, dan Back.

Catatan
Slot SIM 1 dan 2 diletakkan bertumpuk di balik casing, begitu juga slot memori eksternal. Meski tidak tertindih baterai, tapi Anda tetap harus mengangkat baterai guna memasukkan atau mengambil ketiganya.

Fitur
Seri Journey sudah tidak asing di telinga pengguna handphone Tanah Air. Pasalnya, merek dalam negeri paling tersohor itu sudah menelurkan banyak produk dengan nama keluarga tersebut. Kali ini, S Nexian Cronos Journey Mi320 hadir dengan fitur SIM card ganda yang aktif bersamaan dan beroperasi di jaringan dualband GSM dan WCDMA (3G).

Bentang layar 3,5 inchi dengan resolusi HVGA cukup mengakomodir kebutuhan konsumen menengah. Dimensi tersebut terbilang lega untuk aktivitas browsing, bersosial media, dan main game. Respon layar sentuh jenis kapasitifnya pun tergolong baik, cukup tangkas membaca sentuhan jari.

Nexian menyematkan Mi320 dengan kamera berkualitas 2 Mpix yang bisa digunakan untuk mengambil gambar sekaligus merekam video. Fitur pendukung fasilitas fotografi tergolong minim. Hasil gambar dan rekaman terbilang standard, tidak terlalu cemerlang. Tapi sayang, penggunaan fitur kamera mengharuskan pengguna memasukkan kartu memori eksternal. Sedangkan Nexian tidak menyelipkan microSD dalam box penjualannya.

Selain aplikasi standard bawaan Android (Google Play, Maps, Youtube, dll) Nexian juga membenamkan beberapa fitur miliknya yang berkolaborasi dengan operator seperti S Apps Planet, Telkomsel mobi, Dunia Muslim, WhatsApp, MyAppsMall, Love Indonesia, dan Muslim mobile.

Pada segmen hiburan Cronos Journey menyediakan pemutar media untuk audio dan video, radio FM, Java, Youtube, dan Game. Output audio dari speaker body terdengar cukup keras dan lantang. Anda juga bisa menggunakan earset merek lain karena model ini sudah mendukung port universal atau juga headset bluetooth sehingga tidak perlu melilitkan kabel. Meski memori internal tidak bisa digunakan untuk menyimpan file pribadi, tapi Anda bisa menjejalinya dengan microSD berkapasitas hingga 32GB.

Catatan
Guna mendengarkan siaran radio harus menancapkan earset, sedangkan untuk menggunakan fitur kamera, harus memasukkan microSD.

Kinerja
Meski bukan yang teranyar, setidaknya Nexian membenamkan versi stabil dari sistem operasi Android. Cronos Journey Mi320 mengusung OS Gingerbread yang dipadukan dengan prosesor berkecepatan 800MHz, menjadikannya cukup sigap berselancar ke internet. Meski bisa diajak multitask, sebaiknya hindari menjalankan lebih dari dua aplikasi di saat bersamaan.

Baterai berjenis lithium ion yang digunakan sudah berkapasitas 1400mAh. Dengan besaran daya tersebut, Nexian mengklaim kalau handphone Android terbarunya ini mampu bertahan siaga hingga 200 jam dan mampu menyambungkan penggunanya berkomunikasi (online) selama 4,5 jam tanpa henti.

Mengandalkan tiga kanal GPRS, EDGE, dan HSDPA, Cronos Journey Mi320 siap mengantarkan Anda bersosialisasi di dunia maya lebih nyaman. Nexian juga sudah membenamkan aplikasi facebook, skype, dan opera mini pada setelan awal. Selain GPRS dan HSDPA, model ini juga menyediakan akses WiFi dan Bluetooth.







Specifications




Desain
Tipe Full bar
Dimensi (mm) 116 x 62 x 11,5
Berat (gr) 123
Ringtone

MP3
Sistem Operasi

Android 2.3.5
Jaringan

GSM dualband/WCDMA
Prosesor

800 MHz
Layar Tambahan
Kedalaman warna -
Ukuran -
Resolusi -
Touch Screen -
Layar Utama
Kedalaman warna TFT Capacitive
Ukuran 3,5 inchi
Resolusi 320x480
Memori
Internal 123 MB
Eksternal micro SD sampai 32GB
Hotswap
Phonebook Dinamis
Call record Ada
Konektivitas
GPRS Ada
EDGE Ada
CDMA2000-1x -
HSDPA Ada
WLAN/WI-FI Ada, b/g/n
Bluetooth Ada, v2.1
Infrared -
HDMI -
NFC -
DLNA -
Kabel Data Ada, micro USB
PC Sync Ada
Call Feature
Quick dial Ada
Voice dial -
Photo caller ID Ada
Video caller ID -
Video call -
Conference Call Ada
Messaging
Long SMS Ada
MMS Ada
Fax -
E-mail Messaging Ada
Video Messaging Ada
Voice Messaging Ada
SMS Broadcast Ada
Instant Messaging Ada
Kamera
Kualitas 2 Mpix
Resolusi Max 1600x1200 pixels
Auto Focus Ada
Flash Light -
Night mode Ada
Digital Zoom Ada
Macro mode -
Multishot Ada
White Balancing Ada
Kontras Ada
Brightness Ada
Efek Ada
Timer Ada
Face_Detection -
ISO -
Red Eye -
Frame -
Foto Editor -
Video
Resolusi Max 800x480
Player 3GP/MP4/AVI
Video Editor -
Slow Motion -
Insert -
Mute Record -
Durasi Max Dinamis
Musik
Player MP3/WAV/Midi
Equalizer -
Shuffle Ada
Play List Ada
Bass Booster -
Composer -
Downloadable Ada
Shortcut Button -
Stereo Speaker Ada
Bluetooth headset Ada
Multitasking Ada
Channel List Ada, dinamis
FM Radio Ada
Auto Search Ada
Save Option -
Internet
Browser HTML
WAP Ada
Full XHTML Ada
Zoom Ada
Auto Configuration Ada
Offline Mode Ada
Proxy Setting Ada
Modem -
Multitasking Ada
Games
Java Ada
Downloadable Ada
Online Game -
Fitur Lain
Siaran TV -
GPS dg minimap Ada
Dokumen Viewer -
Adobe PDF Reader -
PIM Ada
Push to Talk -
File Manager Ada
Video Memo Ada
Flight Mode Ada
Touch Sensitive Ada
Setting Wizard Ada
Baterai
Tipe Lithium Ion
Kapasitas (mAh) 1400
Standby time (jam) 200
Talk time (jam) 4.5SUMBER