Kamis, 20 Oktober 2011

sejarah superman

superman
   Siapa yang tidak tahu Superman? tokoh fiksi ciptaan Jerry Siegel dan Joe Shuster yang memiliki jutaan penggemar, dan komik, film, kartun sudah muncul dalam berbagai cerita. Tapi bagaimana asal mulanya?

Jerry Siegel dan Joe Shuster awalnya menciptakan tokoh jahat berkepala botak dan berkemampuan telepati yang bertujuan menguasai dunia dalam cerita pendek "The Reign of the Super-Man" pada sebuah fanzineyang diterbitkan oleh Siegel pada 1933. Dikemudian hari, Siegel menyulap karakter tersebut menjadi tokoh pahlawan tanpa adanya persamaan fisik dengan tokoh jahat sebelumnya. Tokoh Superman digambar dengan referensi Douglas Fairbanks Sr dan Clark Kent dimodel berdasarkan Harold Lloyd. Selamat 6 tahun, Siegel dan Shuster berusaha mencari penerbit untuk karya mereka, yang pada akhirnya diterbitkan dalam Detective Dan: Secret Operative No.48, sebuah komik hitam putih sepanjang 48 halaman. Walaupun keduanya menerima surat yang menyemangati kedua komikus, pihak penerbit tidak pernah lagi mengeluarkan komik sejenis. Mengalami frustrasi, Shuster membakar semua halaman cerita tersebut, adalah Siegel yang berhasil menyelamatkan halaman muka dari komik tersebut.

Siegel kemudian mengajak beberapa seniman untuk bekerja sama, karena merasa 'Superman tidak akan berkembang dengan Joe' Adalah karya seni yang dibuat oleh Russell Keaton berdasar pada campur tangan Siegel yang mengembangkan konsep awal cerita. Superman dikirim ke masa lalu sebagai seorang bayi oleh manusia terakhir di bumi, dimana ia ditemukan dan dibesarkan oleh Sam dan Molly Kent. Karena kesulitan bekerjasama dengan Keaton, Siegel dan Shuster akhirnya kembali berkolaborasi.

Keduanya, mengembangkan karakter tersebut lebih kepada tokoh pahlawan dengan kemampuan super, diinspirasi oleh tokoh Samson dan Hercules. Pada tahap ini, konsep kostum Superman dikembangkan, adalah Siegel yang mengusulkan agar si tokoh diberikan kostum dengan tulisan S yang besar di dada, diberi jubah dan diberikan warna-warni yang menarik. Desain kostum juga terpengaruh oleh salah satunya tokoh Flash Gordon. Kostum dengan 'celana dalam' diluar sebenarnya bermula dari kostum tradisional para pemain sirkus yang melakukan atraksi angkat berat, yang ternyata menjadi semacam tradisi untuk kostum para pahlawan super yang lahir kemudian hari.

Karena keduanya adalah penggemar film layar lebar, banyak aktor dan aktris kemudian menjadi inspirasi pemberian nama tokoh. Clark Kent sendiri merupakan kombinasi nama dari akhtor Clark Gable dan Kent Taylor. Dan nama kota Metropolis berasal dari film Fritz Lang (Metropolis, tahun 1927).

Kepada penerbit Malcolm Wheeler-Nichloson's National Allied Publishing, kedua perintis Superman menjual karya mereka, dan mereka memutuskan untuk menggunakan format comic stripdaripada dengan format buku komik tersebdiri. Siegel dan Shuster menawarkan ke Max Gaines yang menolak dan United Feature Syndicate yang menyatakan tertarik tapi akhirnya juga menolak menerbitkan karya mereka dalam surat tolakan pada Febuari 1937. Adalah Max Gaines yang akhirnya memutuskan untuk menempatkan comic striptersebut dihalaman utama pada terbitan baru mereka, Action Comics dengan syarat agar para komikus untuk mengatur ulang penataan panel menjadi 8panelper halaman. Keduanya mengindahkan permintaan tersebut dan memanfaatkan pengalaman dan ide mereka untuk susunan halaman, termasuk mencari gambar yang akan digunakan pada halaman depan Action Comic no 1 (Juni 1938). Penampilan resmi pertama dari tokoh terkenal, Superman. Pada Febuari 2010, 72tahun kemudian, Action Comic #1 asli terjual dalam sebuah pelelangan seharga USD 1,000,000.


sumber